Hotel Murah di Bandung Dekat Braga

 

Hotel murah di Bandung


Memangnya di pusat kota Bandung ada hotel murah? Hotel di pusat kota bukannya mihil-mihil, ya?

Sebenernya, mahal atau murah tuh relatif ya. Tergantung pembandingnya apa dan kondisi keuangannya gimana.

Nah, hotel murah di Bandung yang saya maksud di sini adalah yang di bawah Rp 300 ribu.

Pengalaman staycation di hotel di bawah 300 ribu lainnya bisa dibaca di sini:

 

Ikon Bandung

Belum ke Bandung kalau belum ke Braga. Braga dan Bandung seperti Malioboro dan Yogyakarta. Tak heran kalau seruas jalan bernama Braga itu selalu ramai.

Braga memang memikat banyak orang. Dari penikmat sejarah, pencinta bangunan kolonial, hingga pemburu gaya hidup dan kuliner kekinian.

Betul banget. Di kawasan Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung, dan sekitarnya ada buanyaaaak bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda.

Saya sendiri tak pernah bosan menyusuri Jalan Braga. Cuma memang, saya merasa lebih nyaman berjalan-jalan di Braga pada tahun 1990an daripada sekarang.

Sederhana saja alasannya. Dulu Braga dan kawasan di sekitarnya tak seramai sekarang.

Sekarang sih kalau mau jalan-jalan santai di sekitar Braga dan Asia Afrika ya mesti pagi hari. Selepas Subuh gitu, deh. Sampai jam 7 pagi.

Jam-jam segitu kawasan ikonik Bandung itu masih relatif sepi. Dan tentu saja, udaranya pun masih bersih dan adem.

Bangunan tua di Bandung
Jalan Asia Afrika, Bandung, pada pagi hari.


Cuma masalahnya, saya tinggal di pinggiran kota Bandung. Lumayan jauh dari pusat kota. Harus jam berapa dari rumah untuk bisa menikmati Braga dan Asia Afrika pagi hari?

Mana nggak punya kendaraan pula. Pakai kendaraan umum? Subuh mah Damri belum jalan. Naik angkot ... hm … keburu siang ketika sampai nanti.

Kendaraan online? Nggak yakin bisa cepat dapat kendaraan online, apalagi tempat tinggal saya termasuk zona merah ojol.

Jadi, yang paling mungkin adalah sekalian saja staycation di hotel dekat Braga.

Pertanyaannya, ada nggak hotel di Bandung dekat Jalan Braga yang harganya ramah di kantong?

 

Hotel Murah di Bandung Kota

Semula nggak yakin sih ada hotel murah di Bandung kota. Namanya juga pusat kota kan, ya. Tempat bercokolnya pusat bisnis dan area komersil.

Tapi eh ternyata ada, loh. Malah ada beberapa hotel di kawasan Braga – Asia Afrika yang tarif kamar per malamnya di bawah Rp 300.000.

Salah satunya adalah Hotel Ersada. Hotel ini berlokasi di Jalan Kejaksaan No. 37 Bandung.

Hotel di Bandung dekat Jalan Braga
Hotel Ersada, hotel murah di pusat kota Bandung.

Berapa harga kamar yang saya pesan? Harga kamar plus biaya admin dll jadi Rp239.000. Tapi karena saya punya voucher, jadinya cuma bayar Rp34.000. 

Saya pesan lewat aplikasi booking hotel untuk menginap pada tanggal 20-21 November  2021. 20-21 11 2021. Deretan angka cantik!

Sesuai harganya yang murah meriah untuk ukuran hotel di kawasan emas itu, tak usahlah berekspektasi terlalu tinggi.

Sekadar gambaran, Hotel Ersada ini bertetangga dengan Crowne Plaza,  Grand Preanger, el Royale, dan Savoy Homann. Hotel-hotel dengan sekian bintang lebih tinggi.

Pengalaman keluarga saya menginap di hotel bisa juga dibaca di sini:

 Tetangga terdekat Hotel Ersada ini adalah Hotel Istana yang tarif per malamnya tak berbeda jauh. Masih di kisaran 200-300 ribu rupiah.

Hotel murah di Bandung kota
Kamar 302.

Dengan tarif yang tergolong murah, sebenarnya Hotel Ersada ini lumayan. Buat para backpacker atau traveler irit, kamar hotel murah di Bandung ini cukup memadai untuk sekadar melepas lelah.

Staycation di Bandung
Kamarnya imut.

 

Nilai Plus

Nilai plus Hotel Ersada ini setidaknya ada dua. Pertama, harga yang ringan di kantong. Apalagi kalau pas dapat promo atau diskon. Kedua, lokasi yang strategis.

Untuk urusan makan, tidak perlu khawatir. Meskipun tidak memesan paket kamar dengan sarapan, mudah mencari tempat makan di sekitar hotel ini. Resto, cafe, sampai makanan tenda kaki lima pun ada.

Hotel murah di Bandung kota ini hanya berjarak sekitar 20 meter dari Masjid Lautze 2. Engklek aja bentar ke masjid. 

Untuk sampai ke Jalan Braga cuma butuh berjalan kaki sekitar lima menit menyusuri Jalan Kejaksaan.

“Near Braga” yang disebutkan di aplikasi booking hotel itu memang bener-bener “near”, kok.  Memang sungguhan hotel di Bandung dekat Jalan Braga.

Hotel Ersada Bandung
Lobi Hotel Ersada. Seperti ruang tamu di sebuah rumah ya :)


Sampai di Braga, silakan berpuas-puas menikmati seruas jalan legendaris itu. Suka ngopi? Ada banyak sekali kedai kopi modern di sana. Sebut saja di antaranya Indische Café, Kopi Toko Jawa, dan Braga Koffie.

Mau berjalan-jalan atau hunting foto di Jalan Asia Afrika? Dekeeet. Sekitar 5 menit berjalan kaki saja. Bisa lebih lama sih kalau sambil berhenti-berhenti memotret atau membuat rekaman video.

Berjalan kaki santai menikmati Jalan Asia Afrika, Tamblong, Cikapundung, dan Braga pada pagi hari. Itu yang saya cari sehingga memutuskan menginap di hotel murah di Bandung ini.

Itu yang saya cari, itu pula yang saya dapatkan. Sesimpel itu 😊

 

Salam,

Triani Retno A

7 komentar

  1. Kota besar seperti Bandung, hotel dengan harga sebesar 300ribu terhitung murah lho. Apalagi fasilitas bagus dan pelayanan oke. Worh it banget lah. Enaknya nginep dapat voucher, bisa menghemat budget liburan ya, hehehehe.

    BalasHapus
  2. Wah dekat Braga masih ada harga segini
    Mauuu bangeeeet. Ini mah namanya rejeki banget
    Dengan fasilitas yang lengkap gini, lokasi strategis, siapa yang nolak nginep di sini
    Masukin list ah. Kalau ke Bandung nanti mau ke sini juga

    BalasHapus
  3. Pernah saya ke Bandung. Tepat sebelum pandemi. Waktu itu ada kegiatan KBM apa ya? Dan saya hanya sempat ikut naik bandros saja. Melewati jalan Braga juga. Ah iya. Sempat mampir di museum Asia Afrika juga. Kalau penginapan waktu itu memilih yang agak jauh dari kota sih. Lupa tepatnya. Hehehehe

    BalasHapus
  4. Saya ke Bandung akhir tahun 2018, Mbak Eno. Itu juga daerah Lembang. Sebelumnya hanya mampir doang sebentar bertemu Pak Iwan Darmawan dan penerbit di Ciwalk hehehe. Makanua pengin banget ke Bandung lagi, khususnya daerah kota yang ikonik. Dan banyak hotel keren pada di hati dan kantong. Apalagi pas baca dapat voucher dan hanya bayar 34 ribu. Mupeng banget hahaha.

    BalasHapus
  5. Duuh Braga ini bikin aku kangen banget sama Bandung. Sewaktu kecil paling suka dengerin lagu atau tembang sunda judulnya jalan Braga. Kalau ke sana yang paling asyik itu hunting kulinernya.

    BalasHapus
  6. Hotel murah begini, lokasi strategis, biasanya kriteriaku kalo memang niatnya utk jelajah suatu kota. Jadi ga perlulah hotel terlalu mewah 😄. Yg penting nyaman dan aman buat tidur. Apalagi kalo planningnya bakal lama. Harga murah udah pasti keharusan :D

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.