7 Tempat Wisata di Monas yang Wajib Dikunjungi

 

Tempat wisata di Monas

Monas. Siapa yang tidak tahu ikon wilayah DKI Jakarta satu ini. Bangunan yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat, dan memiliki tinggi 137 meter ini benar-benar sudah melekat dengan Jakarta.

Bagaimana tidak. Hampir semua wisatawan, terutama yang dari luar Jabodetabek, penasaran akan bentuk Monas dan ingin mengujungi tempat bersejarah yang satu ini. 
Selain itu, dari atas Monas pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Jakarta.

Btw, di sekitar Monas ada beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.

Tempat Wisata di Sekitar Monas

1. Museum Sejarah Perjuangan Nasional

Jika mengunjungi Monas, rasanya tidak afdol jika tidak mengunjungi Museum Sejarah Perjuangan Nasional.

Museum dengan tinggi ruangan 8 meter dan luas 80 x 80 meter ini berisi diorama yang menampilkan berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Diorama di museum ini merupakan gambaran sejarah Indonesia sejak zaman kerajaan hingga peristiwa G30S/PKI.

Cerita jalan-jalan wisata sejarah ke benteng peninggalan Belanda di kota lain:

2. Patung Ikada

Di wilayah selatan Monas terdapat Ikatan Atletik Djakarta atau yang biasa disebut dengan Patung Ikada.

Patung ini berupa lima orang pemuda yang memasang bendera merah putih. Patung ini dibuat guna mengenang satu peristiwa bersejarah di Indonesia yaitu Rapat Raksasa Ikada pada 19 September 1945.

3. Patung R.A Kartini

Berikutnya adalah sosok pahlawan emansipasi perempuan Indonesia, yakni Raden Ajeng Kartini.

Patung R.A Kartini merupakan pemberian dari Jepang, untuk menghargai jasa-jasa Kartini demi perempuan di Indonesia. Kini patung R.A Kartini terletak di sisi barat Monas.

4. Patung Diponegoro

Patung Diponegoro Jakarta
Patung Diponegoro di kawasan Monas, Jakarta.

Patung Diponegoro ini merupakan pemberian mantan Konsul Jenderal Kehormatan Indonesia di Italia, yaitu Dr. Mario Pitto.

Dipenogoro merupakan salah satu pahlawan yang sangat berjasa untuk Indonesia. Patung Dipenogoro ini sekarang terletak di wilayah sisi utara Monas.

Cerita jalan-jalan di Kota Bandung

5. Patung M.H Thamrin

Di wilayah barat Monas terdapat patung Muhammad Husni Thamrin. Sosok yang satu ini dianggap sebagai pahlawan kemerdekaan asli Betawi.

Patung M.H Thamrin dibuat oleh seniman ternama bernama Arsono dan diresmikan pada 11 Januari 1982.

6. Patung Chairil Anwar

Selain patung Pangeran Diponegoro, di sisi utara Monas juga terdapat patung wajah Chairil Anwar dengan pandangan lurus ke depan.Patung yang terbuat dari perunggu ini juga karya seniman Arsono.

7. Fasilitas Olahraga

Selain tempat bersejarah, di kawasan Monas juga banyak fasilitas olahraga seperti lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan futsal.

Jadi, selain wisata sejarah di Jakarta, kita juga bisa menikmati fasilitas olahraga yang tersedia di Monas.

Wisata Sejarah Indonesia

Itulah tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Kawasan Monas. Mengunjungi objek wisata bersejarah tersebut akan menambah wawasan kita mengenai para pahlawan yang berjasa untuk Indonesia.

Indonesia memiliki banyak tempat bersejarah, tidak hanya di Jakarta. Semua daerah di Indonesia memiliki tempat bersejarah yang menarik untuk didatangi.

Kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, misalnya, menjadi surga bagi penggemar wisata candi.

Atau Surabaya. Ada banyak destinasi bersejarah di Surabaya. Jangan lupa, peristiwa heroik 10 November 1945 pun terjadi di kota ini. Tokoh nasional pun banyak yang lahir di daerah tersebut.

Untuk mengunjungi Surabaya menggunakan pesawat, Anda bisa pesan tiket pesawat Surabaya – Jakarta dengan harga terjangkau secara online.

Adanya transportasi udara yang satu ini membuat perjalanan jauh lebih singkat. Waktu dan tenaga pun bisa digunakan secara lebih efektif.

Selain le Surabaya, terdapat tiket murah di Pegipegi untuk tujuan kota lainnya, baik dalam maupun luar negeri. Yuk, segera download aplikasi Pegipegi!


Referensi

https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/071000027/11-wisata-di-monas-bisa-lihat-diorama-dan-nikmati-panorama-jakarta?page=all#page2

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.