5 Cara Membangun Interaksi dengan Followers Medsos

Cara membangun interaksi dengan followers

Media sosial sering dianggap cuma buat iseng, mengisi waktu senggang, pamer gaya hidup, atau mengetahui gosip terbaru tentang seleb.

Padahal, banyak lho yang menggunakan media sosial untuk bekerja produktif. Tentu saja untuk itu media sosial harus dirawat dengan baik. Salah satunya, menjalin interaksi yang baik dengan follower di media sosial.

Interaksi tersebut bukan sekadar mengirim dan membalas pesan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun interaksi di media sosial. Simak penjelasannya di bawah ini.
 

Pentingnya Berinteraksi dengan Follower di Media Sosial

Interaksi yang dilakukan dengan para pengikut bisa menjadi tolok ukur seberapa besar akun media sosial kita memengaruhi followers.

Semakin tinggi angka interaksi (engagement) maka semakin besar pula pengaruh kita di media sosial.

Jika kita memiliki bisnis dan menggunakan media sosial sebagai salah satu alat marketing, penting sekali memperhatikan engagement tersebut.

Engagement ini membuat kita bisa mengevaluasi seberapa jauh jangkauan calon konsumen kita.


Cara Berinteraksi dengan Follower di Media Sosial

Membuat konten medsos dan menjalin interaksi
Buat konten dan jalin interaksi dengan followers. Foto: Unsplash.

1. Menggunakan kata-kata yang sopan dan menghargai

Konten yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan followers tentu saja harus menggunakan kalimat yang baik.

Untuk itu, buat caption dengan narasi yang komunikatif, sehingga follower juga terpancing untuk memulai percakapan di sana.

Hal ini juga berlaku ketika follower mengirimkan pesan. Meskipun tidak ada pengikut lain yang membacanya, penting sekali untuk menjaga setiap kata-kata balasan yang kita kirimkan.

Setiap orang tentu akan sangat senang ketika merasa dihargai dan mendapatkan perlakuan yang sopan, meskipun di dunia maya.

2. Menjawab pertanyaan atau komentar dengan cepat

Tidak masalah jika kita tidak bisa setiap waktu online di media sosial. Namun, ketika ada waktu cobalah membalas pertanyaan atau komentar follower secepat yang kita bisa.

Beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan bisa disimpan dalam sorotan. Ini akan membantu calon konsumen menemukan jawaban dengan cepat dan mudah tanpa perlu bertanya lagi.

3. Menyapa follower secara pribadi

Hal ini bisa kita lakukan untuk membangun hubungan baik dengan follower. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apa yang mereka inginkan.

Dalam kondisi tertentu, sapa mereka secara pribadi dengan tetap menggunakan kalimat yang sopan dan santai.

Komunikasi seperti ini biasanya membuat follower semakin tertarik untuk membicarakan konten kita, sebab ada suasana yang hangat dan akrab.

4. Meningkatkan Keterlibatan dengan Giveaway atau Kuis

Melibatkan follower untuk berpartisipasi dalam kegiatan tertentu juga bisa membantu membangun interaksi. Salah satunya dengan memberikan kuis atau tantangan.

Untuk giveaway atau kuis, hadiah yang diberikan tentu harus sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, melibatkan follower juga bisa membantu meningkatkan brand awareness pada konten-konten kita.

5. Menyediakan Konten Berkualitas dan Relevan

Konten-konten yang relevan dengan kehidupan follower biasanya mudah menciptakan interaksi. Bahkan, tidak sedikit follower yang kemudian mengirim pesan untuk berkomunikasi secara pribadi.

Itulah sebabnya penting membuat konten yang berkualitas, asli, dan relate dengan para follower. Jika konten kita berupa video, gunakan aplikasi edit video yang bagus agar konten kita semakin optimal.

Kalau follower merasa cocok dengan konten tersebut, mereka tidak akan segan-segan mempromosikan akun kita. Ini akan menaikkan engagement kita.

Interaksi Tinggi, Penghasilan pun Bertambah

Internet cepat dan stabil IndiHome
Pekerjaan lancar dengan internet cepat dan stabil. Foto: Unsplash.

Supaya semua pekerjaan lancar, dari membuat konten hingga membangun interaksi dengan followers, pastikan sudah menggunakan koneksi internet yang lancar, cepat dan stabil. Misalnya menggunakan koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia.

Ada banyak pilihan paket yang disediakan provider internet di Indonesia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Internet IndiHome yang cepat akan berguna untuk mempercepat proses mengunggah video dan gambar, fokus viewers tidak terdistraksi dengan buffering, bisa konsisten posting kapan saja, dan bisa mendatangkan lebih banyak peluang kerja.

Nah, kalau sudah rutin posting foto di media sosial, konten sudah banyak, follower sudah banyak, maka tugas berikutnya adalah membangun interaksi dengan followers.

Memiliki interaksi dengan followers yang tinggi di media sosial bisa membantu meningkatkan penghasilan seorang konten kreator.

Bahkan menurut website review gadget Pricebook, interaksi dan engagement yang tinggi memungkinkan kita sebagai kreator mendapatkan bayaran besar dari brand yang bekerja sama atau memasang iklan.

Membangun interaksi dengan followers di media sosial pribadi dan bisnis tentu butuh konsistensi dan loyalitas.

Akan sangat menyenangkan dan memuaskan jika interaksi yang tercipta antara Anda dengan follower memberikan feedback yang baik untuk kedua pihak.

10 komentar

  1. Okee catet, aku bakalan terapin langsung semua tipsnya abis baca artikel ini hehe. Soalnya pengen banget punya engagement yang bagus secara kita sebagai konten kreator ya kan. Dan aku juga pakai internet IndiHome dong ❤️

    BalasHapus
  2. wah noted kak, memang penting nih bangun interaksi sama followers biar performa medsos kita bagus ya :) apalagi kalau didukung internet cepat, jadi makin semangat ngescroll medsos hehe

    BalasHapus
  3. Setuju banget membangun interaksi dengan followers di media sosial pribadi dan bisnis tentu butuh konsistensi dan loyalitas. Masalahnya konsisten ini terkadang yang sulit ya bagi kaum mageran. Tapi, menurutku wajib banget sih dicoba interaksi dengan follower medsos biar terjalin komunikasi yang baik dan followers pun merasa mendapatkan feedbacknya.

    BalasHapus
  4. Setuju banget kak. Membangun interaksi dgn followers ini bisa menaikkan engagement yang berujung ke perbaikan rate card akun kita. Semoga kita sama2 cuan ya dgn saling menyapa di dunia maya, apalagi pake koneksi IndiHome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang engagement rating benar-benar jadi kriteria bagi brand yang menawarkan kerja sama ya kak.

      Hapus
  5. Sepakat, kalau jadi content creator itu emang kuncinya ya internet cepat. Kalau akses internetnya waswus tanpa lelet kan jadi enak bikin live streaming entah promo produk atau interaksi langsung dengan follower. Kalau lambreta, bisa-bisa ditinggal pemirsaaa

    BalasHapus
  6. Salah satu kegiatan yang sering diabaikan dimasa lalu adalah interaksi. Sekarang saat butuh interkasi, folowernya malah udah jarang komen atau like. Huhuhuu...
    Ya itulah dulu belum tau tipsnya.
    Sekarang malah dapet tips tambahan dari artikel ini. Smoga bisa mengembalikan interkasi setelah njiplak tips dari mbak Retno...

    BalasHapus
  7. Membangun interaksi dengan follower hal penting nagi kita, apalagi kalau kita bergerak dalam jualan online. Interaksi akan menjadikan customer bisa makin dekat dengan kita selaku pemilik usaha atau akun ya

    BalasHapus
  8. Bener ya Mbak Retno. Yang berkutat di dunia media sosial tentunya butuh engagement yang konsisten dan berkualitas. Kita yang punya akun juga suka saat postingan kita mendapatkan apresiasi baik dari para followers.

    BalasHapus
  9. Kalo rajin bikin GA emang mantul banget, teh. Bisa lebih banyak engagement ama followers. Tapi lebih bagus lagi kalo rajin balesin komen secara personal kayak balesin story atau DM gitu. Jadi tahu orangnya kayak apa

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.