Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

 Menu buka puasa sehat


Salah satu momen yang paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah mudik. Ya, di momen ini para perantau akan pulang ke kampung halaman bertemu keluarga.

Bagi mereka yang jauh dari kampung biasanya memilih untuk mudik naik pesawat. Salah satu maskapai yang banyak dicari saat mudik adalah Pelita Air.

Selain itu, banyak juga pemudik yang menggunakan kereta api atau mobil pribadi untuk pulang kampung.

Namun, mudik dalam kondisi berpuasa membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu kondisi tubuh harus selalu fit selama di perjalanan.

Agar tubuh selalu dalam kondisi fit, salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga: Sajian Praktis Istimewa Sehari-Hari

Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi menu sehat pada bulan Ramadan akan membuat tubuh sehat dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba puasa sehat, berikut ini beberapa rekomendasi menu Ramadhan simple, enak, dan sehat untuk berbuka puasa.

1. Teh Hijau

Buat kamu yang memiliki kebiasaan berbuka dengan mengonsumsi teh, coba deh ganti teh yang biasa digunakan dengan teh hijau.

Teh hijau mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Teh hijau mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B, dan vitamin C.

Selain itu, dalam secangkir teh hijau terkandung 99,5% air yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Kurma

Kurma merupakan salah satu menu buka puasa yang banyak disukai. Kurma dikenal sebagai buah yang mengandung gula alami dan dapat memulihkan energi dengan cepat setelah berpuasa.

Selain mengandung gula yang baik untuk tubuh, kurma juga mengandung kalium, tembaga, dan mangan. Buah ini juga kaya serat, sehingga baik untuk pencernaan.

3. Sayur Bayam

Selain buah-buahan, sayuran juga sangat penting dikonsumsi saat berbuka puasa. Salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan adalah sayur bayam. Bisa diolah menjadi sayur bayam bening atau ditumis.

Sayur bayam mengandung banyak nutrisi, di antaranya vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, kalsium, kalium, mangan, dan zat besi.

4. Pecel

Sayuran, makanan kaya serat
Makanan sehat dan bergizi, kaya serat.

Menu buka puasa sehat selanjutnya adalah pecel. Kombinasi sayuran, seperti kangkung, tauge, kacang panjang, dan labu siam yang disiram dengan bumbu kacang membuat pecel menjadi salah satu menu sehat dan nikmat untuk berbuka puasa.

Cara membuat menu ini cukup mudah, kamu hanya perlu merebus semua jenis sayuran lalu siram dengan bumbu kacang.

Baca Juga: Raw Food Ala orang Sunda

5. Kacang Merah

Sop kacang merah juga bisa jadi menu sehat kamu saat berbuka puasa. Makanan yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang merah, antara lain asam folat, kalsium, dan karbohidrat.

Agar lebih nikmat dan kaya nutrisi, biasanya sop kacang merah dilengkapi dengan beberapa jenis sayur lainnya.

6. Tumis Sayuran

Tumis sayuran merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah serat yang dapat melancarkan proses pencernaan.

Tumis sayuran bisa menjadi teman yang tepat untuk lauk, seperti ikan dan daging ayam.

Baca Juga: Jenis Makanan Berserat Tinggi

7. Nasi Merah Gurih

Salah satu nutrisi yang paling banyak dibutuhkan saat menjalankan ibadah puasa adalah karbohidrat.

Nutrisi ini menjadi sumber energi untuk beraktivitas selama berpuasa. Untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi nasi merah.

Berbeda dengan nasi putih, nasi merah mengandung gula yang baik untuk tubuh. Untuk menu buka puasa, kamu bisa mengolah bahan makanan ini menjadi nasi merah gurih.

Rasa gurih pada makanan ini berasal dari beberapa jenis bahan makanan, seperti santan dan kaldu ayam.

8. Pepes Tahu Jamur

Tahu dikenal sebagai sumber protein yang ramah di kantong. Bahan makanan ini bisa menjadi opsi yang tepat untuk menggantikan jenis protein hewani.

Jamur juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kedua bahan makanan ini bisa kamu kombinasikan menjadi pepes tahu jamur yang lezat.

9. Jus Buah

jus buah segar
Jus buah segar, sehat, untuk buka puasa. Foto: Unsplash.

Mengonsumsi buah juga bisa dalam bentuk jus. Nutrisi yang terdapat pada jus buah tidak jauh berbeda dengan buah utuh.

Jadi, buat kamu yang bosan dengan buah-buahan, kamu bisa mengakalinya dengan mengonsumsi jus buah.

Selain jus buah, jenis olahan buah yang lain juga banyak ditemukan saat bulan Ramadan, antara lain es buah dan sop buah.

10. Ikan

Berbicara menu buka puasa sehat, kurang lengkap jika tidak memasukkan ikan.

Ikan bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain protein, ikan juga banyak mengandung nutrisi lain, seperti vitamin dan lemak.

Ada banyak jenis olahan ikan yang sering hadir di momen Ramadan, seperti ikan balado, gulai ikan, dan ikan goreng.

Dari sekian banyak pilihan menu sehat untuk berbuka puasa, adakah yang menjadi favorit kamu?

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.