5 Rekomendasi Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Terbaik

5 Rekomendasi buah untuk penderita asam lambung

Apa saja buah untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi? Pada dasarnya, asam lambung atau GERD adalah gangguan pencernaan yang diakibatkan pola makan tidak sehat.

Jadi, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Adapun buah-buahan merupakan salah satu yang dapat dikonsumsi sebab kandungan dalam buah biasanya bagus untuk menyehatkan sistem pencernaan.

Namun, sebelum mengonsumsi buah, cari tahu lebih dahulu buah-buahan apa saja yang aman untuk penderita asam lambung.

Yuk, baca artikel ini supaya mendapatkan rekomendasi buah untuk penderita asam lambung.

Rekomendasi Buah untuk Penderita Asam Lambung

Penderita GERD harus memperhatikan konsumsi makanannya. Sebaiknya, penderita mengonsumsi makanan dan minuman yang mampu menurunkan asam lambung.

Perlu diketahui, buah merupakan salah satu pilihan makanan yang dapat membantu menurunkan asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan.

Beberapa jenis buah bagus untuk penderita asam lambung, seperti kelapa, melon, semangka, pepaya, dan pisang.

Lantas, mengapa kelimanya bisa menjadi buah untuk penderita GERD yang aman dikonsumsi? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Kelapa

Rekomendasi buah untuk penderita asam lambung yang pertama adalah kelapa. Air kelapa mengandung kalium dan senyawa-senyawa yang mampu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh normal sekaligus menghambat peradangan pada lambung.

Baca Juga: Cantik dan Sehat bersama Kelapa, Si Pohon Kehidupan

2. Melon

Melon merupakan salah satu buah yang baik untuk penderita asam lambung. Pasalnya, melon mengandung magnesium yang bersifat basa. Jadi, mengonsumsi melon tidak akan membuat asam lambung naik.

Sementara itu, melon juga mengandung kalium dan antioksidan. Karena kandungan ini, mengonsumsi melon dapat menyehatkan jantung dan mencegah peradangan.

3. Semangka

Buah untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah semangka. Buah yang satu ini sangat kaya akan air. Oleh karenanya, buah ini baik untuk mencukupi asupan cairan tubuh serta menetralkan asam lambung.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung likopen yang berfungsi mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

4. Pepaya

Pepaya juga dapat menjadi pilihan buah untuk penderita asam lambung. Perlu diketahui, buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat memperlancar proses pencernaan dan mempermudah penguraian protein.

Dengan demikian, protein akan lebih mudah dipecah menjadi asam amino. Adapun hal ini baik untuk mengatasi gejala asam lambung.

5. Pisang

Penderita GERD juga direkomendasikan untuk mengonsumsi buah pisang. Pasalnya, pisang dapat mengobati iritasi pada kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Selain itu, pisang juga mampu membantu menetralkan asam lambung dan meringankan gejala maag. Buah ini pun kaya akan serat yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Baca Juga: 10 Hari bersama Cacar Api yang Bikin Panik

Itulah beberapa rekomendasi buah untuk penderita asam lambung terbaik yang aman dikonsumsi.

Tidak hanya buah, penderita asam lambung juga dapat mengonsumsi Scrubber secara rutin.

Perlu diketahui, Scrubber merupakan minuman sari jeruk yang mengandung probiotik dan serat alami.

Berkat kandungan tersebut, Scrubber dapat menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan secara menyeluruh.

Dengan mengonsumsi buah-buah di atas dan Scrubber secara rutin, penderita GERD akan lebih sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung!

Referensi

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/buah-untuk-penderita-asam-lambung

https://enesis.com/id/artikel/buah-untuk-penderita-asam-lambung/

6 komentar

  1. Pepaya memang sesuatu dan mudah dicari. Soalnya pernah pas lambung lagi kumat gangguannya, konsumsi pepaya jadi lebih enakan. Bahkan kandungan seratnya ciamik biar makin sehat pula sistem cerna

    BalasHapus
  2. Kalau aku paling cocok sama pisang sih. kalau semangka dan melon itu nggak cocok karena efek sampingnya bisa bikin darah rendah

    BalasHapus
  3. Bener tuh kak. Aku jg makan dan minum buah ini tuh kalo lagi gerd. Tp kebetulan darahku tuh kadang stabil, kdg drop. Jd hrs hati2 jg kalo makan semangka dan melon. Soalnya dua jenis buah ini malah menurunkan tensi darah kita sih. Klo berlebih ya bakal kliyengan. Hehe.

    BalasHapus
  4. Asam lambung ini memang gak boleh disepelein ya. Tetanggaku kemaren datang ke rumah dengan wajah pucat. Katanya asam lambungnya kambuh. Kasihan aku lihatnya. Katanya gak bisa makan.

    BalasHapus
  5. emang gak enak banget kalau asam lambung udah naik tuh :( alhamdulillah aku juga lagi mulai rutin minum air kelapa

    BalasHapus
  6. semangka dan melon adalah dua buah yang selalu direkomendasikan dokternya suamiku tiap asam lambungnya naik. tapi kalau pisang, anehnya habis makan pisang malah sakit perut dan muntah. mungkin cocok di yang lain gak cocok di suamiku ya

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.