Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan


Susu kambing etawa

Jika pernah merasakan nyeri sendi, pasti tahu bagaimana tidak enaknya. Sebisa mungkin, cegahlah nyeri sendi agar jangan sampai terjadi. Di antaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan memasukkan susu kambing etawa dalam konsumsi sehari-hari.

Mengenal Nyeri Sendi

Nyeri sendi ini sendiri bukan merupakan penyakit, melainkan gejala adanya suatu penyakit. Jika mulai merasakan nyeri di persendian tubuh, sebaiknya jangan diabaikan.

Itu adalah alarm yang memberitahu bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh kita. Semakin cepat ditangani tentu akan semakin baik.

Dalam artikel di laman alodokter yang ditinjau oleh dr. Pittara disebutkan bahwa rasa nyeri pada persendian ini muncul antara lain akibat asam urat yang tinggi, kerusakan tulang rawan di tempurung lutut, atau terjadi perdarahan di dalam ruang sendi.

Nyeri sendi juga bisa terjadi karena penyebab lain, seperti hemofilia, infeksi, patah tulang, dan adanya penyakit autoimun.

Semua orang berisiko mengalami nyeri sendi. Namun, beberapa kelompok orang memiliki kemungkinan yang lebih besar. Di antaranya adalah:

  • lansia (di atas 60 tahun),
  • orang yang menderita depresi atau stres,
  • menderita penyakit hati,
  • menderita penyakit ginjal,
  • pernah mengalami cedera olahraga atau cedera lainnya pada persendian,
  • memiliki imunitas yang lemah, dan
  • ada cacat bawaan pada tulang dan sendi sejak lahir.

Karena bukan hanya lansia yang berisiko mengalami nyeri sendi dan pengapuran tulang, berarti kita yang masih muda pun harus lebih memperhatikan kesehatan tubuh dan belajar mengelola stres.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih baik dan menerapkan pola makan sehat. Konsumsi pula susu untuk kesehatan agar kondisi tubuh lebih terjaga.

Secara rutin meminum susu untuk pengeroposan tulang juga akan membantu menjaga kesehatan tulang sejak muda.

Susu Kambing Etawa

Mengutip dari buku Khasiat dan Manfaat Susu Kambing: Susu Terbaik dari Hewan Ruminansia (Moeljanto, 2002: 13-14), kambing etawa adalah kambing yang berasal dari Jamnapari, India. Produksi susu kambing etawa ini bisa mencapai 4 liter per hari.

Saat ini mengonsumsi susu kambing etawa sudah lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Pasalnya, susu kambing etawa sudah tersedia di banyak tempat, termasuk di e-commerce.

Salah satunya adalah susu etawarich yang mengandung kebaikan susu kambing etawa plus berbagai nutrisi dan zat penting lainnya.

Banyaknya manfaat susu kambing etawa membuat peminatnya pun terus bertambah. Hal tersebut tak lepas dari kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak sedikit pula yang rutin mengonsumsi susu etawa karena manfaatnya sebagai susu nyeri sendi.

Kandungan Susu Etawa

Manfaat susu kambing etawa tidak kalah dengan manfaat yang terkandung dalam susu sapi.

Dalam buku Susu Kambing, Manfaat dan Optimalisasi, Dr. Roni Pazla, dkk menyebutkan bahwa susu kambing etawa mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, sodium, selenium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, dan laktoferin.

Kandungan susu etawa tersebut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Misalnya, selenium yang berperan penting dalam sistem imunitas tubuh.

Susu Kambing etawarich

Kandungan susu etawa untuk pengapuran tulang.
Kandungan susu kambing etawa etawarich.

Susu etawarich memiliki semua nutrisi yang terkandung dalam susu kambing. Selain itu, susu etawarich juga diperkaya dengan kayu manis, bee pollen, daun sirsak, dan gamat.

Yuk, kita lihat satu per satu kandungan susu etawarich ini:

1. Susu kambing

Kandungan susu etawa dalam etawarich ini mencapai 98%. Dengan mengonsumsi etawarich berarti kita akan mendapatkan semua nutrisi yang terkandung dalam susu kambing etawa.

2. Kayu manis

Susu kambing etawa ini diperkaya dengan antioksidan seperti polifenol. Selain itu, kayu manis juga mengandung kalsium, magnesium, kalium, karbohidrat, zat besi, fosfor, serta vitamin.

Kayu manis telah digunakan oleh manusia sejak 5.000 tahun lalu untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Misalnya, membantu menurunkan kadar gula darah, menurunkan risiko komplikasi diabetes, meringankan rasa sakit akibat rematik, serta membantu mencegah kerusakan jaringan pada persendian.

3. Bee pollen

Dalam bee pollen terkandung flavonoid, glutathione, quercetin, karbohidrat, protein, vitamin, dan berbagai zat penting lainnya.

Bee pollen yang dihasilkan oleh lebah ini dapat menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol jahat, menjaga kesehatan jantung, serta membantu memelihara fungsi hati. Penambahan bee pollen meningkatkan khasiat susu kambing etawarich bagi kesehatan.

4. Daun sirsak

Pohon sirsak yang tumbuh subur di daerah tropis menghasilkan buah yang disukai banyak orang. Selain itu, daunnya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat inilah yang digunakan untuk menambah khasiat susu kambing etawarich.

Pada daun sirsak terkandung flavonoid serta memiliki sifat antipiretik, antimikroba, dan antiparasit.

5. Gamat

Susu untuk kesehatan etawarich juga mengandung gamat (dikenal juga dengan nama tripang atau timun laut). Hewan invertebrata ini kaya dengan protein, kolagen, kalsium, vitamin, glukosamin, dan kondroitin.

Gamat digunakan untuk membantu mengatasi nyeri sendi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, serta membantu pembentukan tulang rawan.

Penambahan gamat pada susu untuk pengeroposan tulang sangat membantu untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Gula stevia

Sebagai pemanis, etawarich menggunakan gula stevia. Gula yang berasal dari tanaman stevia rebaudiana ini lebih manis daripada gula pasir, tetapi lebih rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat.


Manfaat Susu Etawa etawarich
Khasiat susu kambing etawarich.
Susu etawarich dapat diminum oleh anak-anak hingga lansia.
.
Susu kambing etawa yang diperkaya dengan berbagai bahan tambahan berkhasiat menjadikannya semakin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Susu kambing etawarich yang rendah lemak ini tidak hanya berkhasiat sebagai susu tulang keropos, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut ini manfaat susu etawa etawarich yang akan kita peroleh jika mengonsumsinya secara teratur.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Menjaga kesehatan sel tubuh.
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan.
  • Mencegah anemia.
  • Mencegah pengeroposan tulang.
  • Memabantu mengatasi nyeri sendi.
  • Membantu mengatasi permasalahan pada sistem pernapasan.

Manfaat susu etawa etawarich juga dapat dirasakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Hal itu karena susu etawa etawarich dapat membantu pertumbuhan janin serta melancarkan ASI. Produksi ASI yang lancar tentu sangat membantu ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. 

Baca Juga: Tips Berpuasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui

Keistimewaan etawarich

Susu nyeri sendi.
Susu etawarich sehat tanpa pengawet.

Susu etawarich juga memiliki keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang.


Keistimewaan susu etawarich ini adalah:

1. Tidak berbau prengus

Secara alami susu kambing etawa berbau prengus. Bagi sebagian orang, bau prengus menjadi penghalang untuk mengonsumsi susu nyeri sendi ini.

Susu etawarich tidak berbau prengus karena telau melalui proses pengeringan dan fortifikasi.

2. Terbuat dari 98% susu kambing

Khasiat susu kambing etawa yang luar biasa dapat diperoleh dari susu etawarich yang 98% terbuat dari susu kambing.

Oleh karena itu, orang-orang yang memilih masalah pengapuran tulang, nyeri sendi, asam urat, darah tinggi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya dapat mengonsumsi etawarich.

3. Menggunakan gula stevia

Susu etawarich lebih enak dan sehat karena menggunakan gula stevia yang rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat.

Susu etawarich Aman Dikonsumsi

Susu etawarich bukan hanya susu tulang keropos. Susu ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 2 tahun hingga lansia.

Jka pada orang dewasa susu etawarich dapat membantu mengatasi masalah pengapuran tulang, pada anak-anak susu etawarich dapat membantu membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Mengonsumsi susu etawarich juga membantu menjaga imunitas tubuh anak, meningkatkan kecerdasan, serta memelihara bakteri baik di dalam usus.

Berikut ini cara membuat dan menyajikan susu etawarich:

  1. Tuangkan 1 sachet etawarich ke dalam cangkir atau gelas.
  2. Tuangkan 120 ml air panas, lalu aduk hingga merata.
  3. Susu etawarich siap dinikmati dan dirasakan khasiatnya.

Waspada Produk Palsu!

Susu etawarich adalah susu untuk kesehatan.
Susu etawarich tersedia di e-commerce
.
Bagaimana? Tertarik untuk mulai mengonsumsi susu etawarich untuk menjaga kesehatan tubuh? Pastikan saja untuk membelinya di distributor resmi, ya, agar tidak tertipu membeli produk palsu dan ilegal.


Sebaiknya membeli susu kambing etawa ini di official store etawarich di e-commerce, baik di Shopee maupun Tokopedia. Sudah pasti terjamin keasliannya.

Selamat menikmati susu etawarich dan hidup lebih sehat.

23 komentar

  1. Aku dari kecil udah biasa banget minum susu, bahkan saat udah besar dan dewasa juga masih minum hhe. Banyak banget yang rekomendasiin coba dan minum susu kambing etawa ini, khasiat dan manfaat untuk tubuh bener-bener baik untuk tumbuh kembang dan kesehatan..

    BalasHapus
  2. Jadi keinget Alm Bapak dulu waktu sakit rutin minum etawa...
    tapi terbukti sih memang fisik bapak bisa bertahan meski akhirnya qadarullah berpulang...
    Alfatihaah...
    Pokoknya ada etawa ingat Alm Bapak

    BalasHapus
  3. Banyak sekali ya ... manfaat susu kambing Etawa salah satunya untuk mengobati nyeri sendi apalagi usia lansia cocok banget minum susu kambing etawa

    BalasHapus
  4. Aku banget nih, sering nyeri sendi, apalagi kalo digeber jalan kaki, langsung deh serba ngilu.
    Eniwei, saya pernah baca keunggulan susu etawa, tapi baru tau tentang etawarich yang mendapat penambahan kayu manis, daun sirsak dll yang bikin nambah manfaat
    Wajib konsumsi ini mah ya? Supaya nyeri sendinya kabur

    BalasHapus
  5. Konsumsi susu kambing etawa sudah lebih mudah dan praktis ya sekarang, sudah tersedia dalam kemasan sachet. Ada manfaat di daya tahan dan sistem pernafasan juga nih, cocok buatku yang punya asma dan sinusitis gampang pilek.

    BalasHapus
  6. Kalau udah nyeri di bagian sendi gak bisa dianggap remeh dah ya. Apalagi ini gangguan bisa terjadi pada usia berapa aja. Antisipasinya diperlukan biar kesehatan sendi tetap terjaga

    BalasHapus
  7. Jadi sebenernya susu etawa etawarich ini bisa dikonsumsi dari anak-anak sampai ibu hamil dan menyusui dan lansia yaa, teh...
    Karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, bukan hanya fokus pada tulang dan sendi aja, tapi juga menjaga pencernaan, mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung dan mengatasi permasalahan pada sistem pernapasan.

    Lengkap.
    MashaAllaa~

    BalasHapus
  8. Saya agak-agak dengan susu kambing karena bau prengusnya itu seperti memancing perut. Tapi jadi yakin dengan susu Etawarich setelah membaca kandungannya dan dijamin tidak bau prengus, mana manfaatnya bagus banget untuk masalah keluhan sendi. Makasih infonya mba.

    BalasHapus
  9. susu etawarich ini manfaatnya bagus banget buat kesehatan tulang dan sendi. Cocok nih untuk diriku yang sering nyeri persendian karena terlalu capek beraktivitas

    BalasHapus
  10. paling suka kalau ada susu kambing yang nggak bau prengus ya. Apalagi kayak susu etawarich yang pake gula stevia yang rendah kalori itu. Minum susunya bikin sehat dan nggak bikin nimbun banyak kalori karena gulanya rendah kalori.

    BalasHapus
  11. Wow, ternyata ada kandungan timun laut, daun sirsak dll dalam susu Etawarich ini. Pantas saja khasiatnya baik sekali untuk merawat kesehatan sendi dan tulang. Aku belum pernah coba sih. Tapi membaca artikel ini jadi makin penasaran 😃👍

    BalasHapus
  12. Dulu saya gak mau kalau ditawari susu kambing karena kebayang bau prengusnya. Tapi sekarang bisa bebas minum susu kambing etawarich yang gak bau prengus. Tambah yakin lagi, soalnya susu etawa itu susu kesehatan dan bisa mencegah pengapuran tulang serta nyeri sendi.

    BalasHapus
  13. Susu etawarich banyak sekali manfaatnya ya, Kak. Cocok banget dijadikan minuman untuk kesehatan tubuh dan tulang karena kandungannya yang lengkap dari vitamin, mineral, kalsium, zat besi pada susu kambing etawa.

    BalasHapus
  14. Susu Etawa etwarich memang banyak manfaatnya yaa. Terutama untuk keropos tulang dan nyeri sendi. Ibu mertua saya pun SDH merasakan khasiat dan manfaatnya.

    BalasHapus
  15. duh produk palsu atau tiruan ini meresahkan sekali ya, kita harus memastikan untuk beli produknya di store resmi yang menjual etawarich

    BalasHapus
  16. Khasiat tentang susu kambing ini sebenarnya sudah lama ya, wong sudah ada yang nulis bukunya di tahun 2002. Berarti ya emang bagus. Duh, ke mana aja aku selama ini kok baru tahu di 2024 coba :((

    BalasHapus
  17. Susu Kambing etawarich ini beneran jadi andalan buat ngejaga kesehatan apalagi bagus buat tulang dan sendi, boleh banget diandelin sih untuk sehari hari

    BalasHapus
  18. Susu kambing memang membuat saya sedikit ringan ketika merasa pegal sendi
    Apalagi kalau habis gendong si kecil
    Rasanya tuh gak enak kalau masih punya anak kecil tapi tulang sudah jompo

    BalasHapus
  19. Pernaah banget liat kenalan nyeri sendi, dannn hmmm nikmat sekali ya rasanya. Apalagi udah masuk usia2 rawan pengeroposan tulang, waduh mending mulai mengubah gaya hidup deh. Bisa nih nyobain etawarich, buat menjaga kesehatan sendi dan tulang.

    BalasHapus
  20. Banyak khasiatnya memang susu kambing etawa ini. Apalagi untuk ketahanan tulang agar tetap sehat. Aku jug konsumsi etawarich kak

    BalasHapus
  21. Banyak juga ya manfaatnya bisa melancarkan ASI juga Masya Allah. Aman buat ibu hamil dan menyusui juga segala usia. Mantap banget nih susu etawarich.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillahnya, semenjak masuk musim penghujan selalu nyetok Etawarich. Lumayan buat membantu jaga stamina dan kesehatan. Apalagi saya sering lari

    BalasHapus
  23. Produk susu kambing etawa etawarich ini ternyata banyak manfaatny abagi tubuh. Boleh dibilang satu produk dengan berjuta manfaat, apalagi khasiat dari baha yag dikandung di dalamnya memiliki banyak khasiat

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.